Langsung ke konten utama

Partus dan Cemas

Nolong partus setelah 6 bulan vakum (read: nerusin kuliah lagi). Kemarin tepatnya. Pas lagi main ke rumah Edy. Siang hari lagi asik-asik bercerita gitu. Terus teteh Edy nyamperin kami di teras. “Div, kamu mau nolong partus gak?”. What partus? Udah lama gak megang yang beginian lagi. Rasanya udah kaku banget deh plus bingung (dalem otak gue bingung banget tuh pas kemaren). “tapi presentasi bokong, G5. Pembukaan 1”. Waaaawwwwww...

Partus presentasi bokong, G5. Masyaallah patologis banget L
Gue juga ngeri ngebayanginnya. Biasanya partus dengan presentasi bokong dikhawatirkan saat menolong keluarnya kepala. Ngeri-ngeri kesangkut kan bok. Cyereeemmm >.< 

Kata teteh “berani-berani aja. Namanya nyoba pengalaman div”. Gimana yah, perasaan tuh campur aduk banget. Takut. Ngeri. Grogi. Syerem. Secara udah lama banget yah gak megang kek beginian K.

Dan tanpa babibu, kami bertiga (gue, Edy, teteh) langsung berangkat cusss ke Puskesmas Kragilan (Serang). Dalam perjalanan, gue h2c. Semoga belom lahiran. Ibu dan janin masih selamat.

Eh, pas sampe di puskesmas. Kyaaaaakkkk... what absurd partus! Hehe, sebenernya sih gue yang keterlaluan cemasnya. Alhamdulillah pas sampe, bayinya udah lahir dengan selamat. Dan sang ibu juga sehat. 

Lho kok bisa, presentasi bokong lahir?

Akakakakaa, ternyata yang memeriksa ibunya itu salah periksa dalam. Itu merupakan ketuban bok, bukan bokong. Saat itu juga ramai dengan keluarga pasien juga proses lahirannya didampingin dukun beranak (maklum daerahnya masih kental banget dengan kepercayaan dukun beranak). Juga ada ibu kadernya. Lumayan sigap dan tanggap juga tuh bu kader dan dukun beranak. TOPPP ^_^b.
Proses lahirnya juga cepet dan lancar. Bayipun langsung nangis. Alhamdulillah (lagi).

Legaaaaaa... fiyuuuhhhh...

Jadi kemarin tinggal gue bedong bayinya (bayinya ganteng alias cowo hihi), kasi suntik Vit.K dan IMD. Bayinya juga lumayan berat bok. 3,8 kg dengan panjang 49 cm.

Ahh.. kan, kan, kangen deh dengan suasana membantu persalinan. Wangi bayi yang baru lahir.... hmmmmmmmm J

Semoga masih bisa terus nolong partus, walo kadang suka cemas berlebihan ngadepin pasien.. hehehe..


FYI:
Partus = lahiran
Presentasi = letak badan bayi saat lahir
G5 = gravida ke 5 (kehamilan anak ke 5, dst)
**tadinya pengen moto bayinya, sayang gak bawa hp, udah kepalang cemas duluan :p

Komentar

  1. wah keduluan bayinya ya Div... hihihi... ^_^

    aku nggak ngerti nih presentasi bokong kayak gmana? :-D
    semangat ya Div, semoga ke depan makin banyak kasus2 aneh yg memperkaya pengalaman yah Div.. hehehe... :-D

    BalasHapus
  2. wahh..itu yang nyuntik kamu ya? aduh gimanaya itu kalo lihat suasanan lahiran. teteh saya juga bentar lagi mau lahiran ;d

    BalasHapus
  3. asik deh kaka nolong partus..
    aku juga udah lama vakum..
    wkwkwk

    BalasHapus
  4. @asep: iya hihi, wah sebentar lagi jadi om dong :D,selamattt ^_^

    @hesty: -____-aaakk

    @cumae: ayo dong kembali kejalan yg luruss,,, ngiahahaha (read: nolong partus)

    BalasHapus
  5. blah,, skrang aku lagi belok ya kak?
    -__-a

    BalasHapus
  6. yaaa... kalau sampe udah lahiran masih termasuk nolongin partus dev?? :P *kabur sebelum dikejar hahahaha

    BalasHapus
  7. @mae: ahaahaha.. :p

    @niee: pan ari-arinya belom lahir nie, jadi masih bisa dikatakan nolong partus *pentung pake pispot* :p

    BalasHapus
  8. @Lyliana Thia

    iya mbakkk,, hihihi.. semoga makin banyak pengalamannya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

thanks a bunch for jejak jejak komennya *\(^_^)/*

Postingan populer dari blog ini

W-I-S-U-D-A-L-H-A-M-D-U-L-I-L-L-A-H

Hampir sebulan sudah saya lulus jadi pengangguran , sejak tanggal 8 Februari 2014 kemarin saya disumpah dan wisssssudahhhhhh. Alhamdulillah saya panjatkan kepada Allah SWT yang maha segala-galanya akhirnya lulus. Dulu semasa ngerjain skripsi kebayang-bayang banget pengen segera lulus dan cari kerja. Dapet uang. Nabung. Bahagia-in orangtua dengan hasil keringat sendiri. Sekaranggggg..... owwwwww ini rasanya dunia benar-benar nyata! Mencari-selalu mencariiiiii. Pekerjaan. Flashback sedikit ketika saya lagi masa-masa ngerjain skripsi ya.

One day trip to Cianjur (Terowongan Lempengan, Situs Megalitikum, Curug Cikondang) #part2

Tempat Kedua- Gn. Padang, Situs Megalitikum Untuk sampai ke Gn. Padang juga gak gampang, mesti lewatin jalanan yang amburadul. Udah gitu, jalannya gak lebar. Jadi mesti hati-hati kalo yang belom mahir nyetir. Sampai di Gn. Padang, kami disambut dengan gerimis hujan. Bukan, bukan karena salah satu teman kami hatinya sedang gerimis (hehehe), jadi semesta alam pun ikutan menangis. Yah, tau sendiri kan? Cuaca akhir-akhir ini mulai membingungkan. Pagi sampe siang panas benderang, sore ujan deres. Naik ke gunung Padang lumayan capek buat pemula macem gue. Walaupun ada tangga dan pegangan. Sepanjang nge-daki, gerimis menemani perjalanan kami. Biar gerimis juga tetep narsis kawan-kawan gue. Haha. Dan tentunya gue udah antipasi bawa payung. Yang gue khawatirin adalah keadaan John, watir dia kehujanan dan sakit L . Berhubung gak punya rain coat , jadilah kantong kresek yang ngebungkus si John, haha. Sampe juga di hampir puncak gunung. Pemandangan yang tersaji berupa bebatuan yang ters

Bolang Via nge-BIKE

Minggu kemaren tanggal 20 feb 2011, gue nyoba main sepeda. Pas kebetulan, ada sepeda Fixie gunung di tempat gue praktek. Jadi tuh, gue subuh 2 sekitar jam 05.15 bangun pagi (udah sholat, belom mandi, cuci muka, gosok gigi tanpa pasta, pake deodorant) wusssss... pakaian lengkap mau olahraga pagi dah *sampe lupa gak bedakan, apalagi foundationan dan pelembab u,u* Niatnya, mau main kedaerah Gaplek (Ciputat, perempatan Giant). Sampe-sampe gue dibikinin peta daerah Bojongsari dan sekitarnya. peta limitid edition *khusus daerah Bojongsari-Depok*