Jumat, 07 Maret 2014

W-I-S-U-D-A-L-H-A-M-D-U-L-I-L-L-A-H

Hampir sebulan sudah saya lulus jadi pengangguran , sejak tanggal 8 Februari 2014 kemarin saya disumpah dan wisssssudahhhhhh. Alhamdulillah saya panjatkan kepada Allah SWT yang maha segala-galanya akhirnya lulus. Dulu semasa ngerjain skripsi kebayang-bayang banget pengen segera lulus dan cari kerja. Dapet uang. Nabung. Bahagia-in orangtua dengan hasil keringat sendiri. Sekaranggggg..... owwwwww ini rasanya dunia benar-benar nyata! Mencari-selalu mencariiiiii. Pekerjaan.
Flashback sedikit ketika saya lagi masa-masa ngerjain skripsi ya.

Oktober 2013, kemarin draft skripsi yang berbentuk proposal (layaknya orang nyelesein tugas akhir) udah kelar walau masih banyak penulisan yang salah ketik (harap maklum). Dikejar juga barengan laporan magang. Jadilah semester akhir kemarin mengerjakan dua proyek. Laporan magang dan skripsi. Daaammmm!!! Saya keteteran (itu sudah pasti).
Semula magang dulu dikerjain, udah hampir kelar kegiatan magangnya, lalu. Tinggal nyusun laporan. Done. Sambil kejar-kejaran juga ngerjain skripsi. Pastilah rasanya mau nyusun skripsi ituuuuu, malessss banget! (ya kan? Ya kan?). udah depan leptop, ide belom muncul. Ide udah muncul, leptop ya lemot lah, koneksi internet lambat. Pffftt.
Selama penggarapan skipsi, udah saya plot-plot dahulu per-bab untuk penulisan. Semisal, ada referensi tentang pembahasan, saya comot. Save di leptop, di 2 flashdisk. Semua yang berkaitan dengan skripsi dan magang udah saya preventifin dulu dengan nyimpen diberbagai tempat. Aman. Alahmdulillah, gak ngalamin data ilang (ada temen saya, datanya ilang pas mau diolah. Ya Allah rasanyaaaa ituuu T_T)
Beres bikin draft. Print. Konsulin. Refisi. Gituuuu-gituuuu terus. Dan akhirnya sampe lah untuk analisis data. Analisis data juga ribet. Berhubung dospem saya orang biostatistik, saya dipermainkan oleh data. Data-data-data dan data. Sampe gak yakin sama data yang didapet, dan hopeless gak bakalan lulus, gara gak selesai olah data.
Enggggg.... inggg... engg.... dospem saya ituuuuu, baiknya super banget. Memang sih, kalo ngejelasin gak detail banget. Sebelum saya konsul, pokoknya harus jelas saya mau nanya apa, mau bilang apa. Beliau bilang, “tenang aja... bisa kok diolah. Mau lulus kan? Biar cepet nikah sana”. Jiaaaaaa..... malah nyuruh saya cepet nikah. Beliau sabar banget ngadepin saya. Pernah bilang, “kamu ngomong coba deh pelan-pelan, jangan gagap gitu”. Ahhh, pokoknya care banget deh. Pas terakhir-akhir mau yudisium, nelepon. “eh, kamu udah dapet tanda-tangan saya belom, hari ini terakhir yudisium kan???” ahhh. Care banget. Maap, bukannya lebay. Kalau boleh bandingin dengan teman-teman saya, dospemnya rata-rata galak dan judes (karena dapet dospem cewe). Ada yang pas konsul dibentak-bentak, nyinyirin. Ada yang super cuek. Alhamdulillah banget kan, dapet beliau yang super baik dan perhatian ^^.
Sampaiii lah, akhirnya sidang. Aaaaakkkkkk, rasanya itu. Jedag-jedug seluruh organ tubuh. Makan males, ngantuk tapi gak bisa tidur. Awww. Terlebih lagi pas nyari penguji luar. Ribetnya berasa ampun banget. Sampai lah, sidang. Sidang yang sebagian orang katanya syeremmm dan horor banget. Lagi-lagi alhamdulillah, kebalikannya. Entah, malaikat dari mana yang selalu dampingin tiap jawab pertanyaan dari penguji. Lancar jaya. Alhamdulillah.  
Selesai sidang, bukan berarti lega-lehalehaan. Lumayan banyak refisian. Selesai refisi, minta tanda tangan penguji. Gak gampang juga, mesti lewatin ujan-ujanan buat ketempat penguji. Dempet-dempetan di KRL. 2 jam macet di busway. Ah, pengalaman yang tak terlupakan pastinya.
Segitu aja ah, nyeritain hectic nya berskripsweet (memang sweet banget deh pokoknya). Kalo diceritain bakalan gak habis-habis, yang lagi nyelesein skripsi nikmatin yaaaa, yang mau skripsi siapin segala alat tempur. Hahaha.
Dan tentunya, apalagi kalau yang gak digadang-gadangkan oleh para mahasiswa/i akhir yang udah selesai sidang. Adalah wisudaaaaaaaa. Yeayyyyyyy. Akhirnya wisuda (yang ke-2 kalinya, pertama wisuda pas D3) yang pertama pake pendamping #halah. Hehehe.
Di UI, gladiresik hampir sama meriahnya dengan wisuda. Karenaaaa, para wisudawan/wati mesti dandan cantik dan cakep. Mau difoto bareng rektor dan dekan. Jadilah, gladiresik mesti dandan. Sujud syukur selalu dipanjatkan dalam doa, tiap ngingat momen-momen menyelesaikan skripsi dan pada akhirnya menjadi Sarjana Kesehatan Masyarakat. Selanjutnya adalah menjalankan amanah dan turun ke masyarakat (sumpahh, nulisnya berat banget nih).
Tak doakan, semoga yang lagi nyelesein skripsi lancar. Dan tolong doakan saya,... juga biar lekas kerja (biar gak nambah-nambahin angka pengangguran, hehehe).

Dengan bangga dan berbesar hati, selalu saya panjatkan terimakasih pada Allah, SWT. Mama papa yang nyediain duit buat nyekolahin dan nyemangatin. Teman-teman sekawan seperjuangan Kesehatan Reproduksi Ekstensi Kesehatan Masyaraakt Universitas Indonesia. Semua-semuaaaaaaa yang gak bisa ditulisin di sini, karena kalo ditulisin disini bakalan berlembar-lembar, mulai dari tukang nasi goreng sampe tukang potokopian deh (tuh kan jadi ngelantur). Dan tentunya Edy Surya, Am.TE thank you buat ........ (susah ah, dijelasinnya. Hihihi).
Bismillahhhhhhirohmanirrohimmmmmm. Semoga selepas menulis ini, saya segera diperlancar menuju tahap-tahapan kehidupan selanjutnya. Aminnnnn.......

Eh, iyaaa sekalian nih, tak liatin foto-foto Wisuda dan Gladi yaa...
Oia, bisa juga liat di instagram.com/diviaputriana , di follow juga boleh hehehe :D

Bersama ibu Dekan FKM, ibu Agustin Kusumayati ^_^

Wisuda berempat, bareng Debay bunda Ka Ima, #besties :D


Tasya Kamila, SE. Kerenn euyy, 3,5 tahun dengan Cumlaude!

Reproductive Health 2011- Ekstensi FKM UI

The Power Puffgirls

Makasi udah nemenin pas Galdi dan direpotin :p

Thank you buat nice picturenya, ya Edy!


2 kali wisuda, gak bareng papa (lagi di luar). walopun begitu, pelengkapnya Edy saja ;)

Mama Nirmayetty :)

0 komentar:

Posting Komentar

thanks a bunch for jejak jejak komennya *\(^_^)/*