Langsung ke konten utama

::GEMPAR::


Udah bulan November tahun 2011, bulan yang lagi musim-musim hujannya tiba.
Juga bulan Hari Kesehatan Nasional yang jatoh pada tanggal 12 November 2011.
Dan bulan-bulannya UTS sebagian besar di kampus gue. Terkait UTS, ada salah satu mata kuliah gue (read: PPM- Pengorganisasian dan Pengembangan Mayarakat) yang gak ngadain UTS secara tertulis, duduk manis, ngerjain soal gitu. Melainkan, bikin tugas kelompok mengenai aksi damai mengenai “Rokok”. Dan bakalan long march gitu pas tanggal 14 nanti.

Gue exiceted bangetttttdddddd *pake D* sama mata kuliah ini buat aksi damai gitu, apa lagi tentang ROKOK, gue pokoknya demen dahh kalo ngebahas rokok. GUE SEBEL AJA GITU, KALO ADA ORANG NGEROKOK DI SEKITAR GUE. APALAGI DIANGKOT!!! *opppppsssss maap capsloknya jebol!!*

Jadi tuh, kita mulai-mulai nyari target2 orang yang ngerokok di tempat2 yang udah dilarang ngerokok. Seperti di halte busway, plasa senayan, stasiun (kebetulan gue dapet di statiun kota) dll.

Ternyata gak sulit nemuin orang yang nge-rokok di Stasiun Kota (survei tempat, dan mencari fakta bahwa perokok itu masih beredar di sembarang tempat). Pas minggu kemaren (9 Nov), turun dari kereta gue langsung nemuin perokok. Ada yang asik sambil nongkrong, duduk di tempat tunggu, ada yang sambil lalu lalang di depan kerumunan orang banyak. Dan,, ada juga security yang ngerokok malah.

kelik gambar untuk memperbesar
       
Gak usah deh, di Stasiun Kota. Disekitar kita juga masih banyakkan orang ngerokok lalu lalang bebas tanpa mikir panjang, orang disampingnya juga bakal berdampak buruk man!! (read: perokok pasif).

Okay, gue bukan mendeskriminasi-kan perokok. Tapi, coba dong man! Kalo ngerokok yah jangan sembarangan, ada aturannya dong ya. Masak iyaa, di angkot juga ngerokok sih? Udah tau sumpek, padet, ditambah bikin kita sesek dengan asap rokok. No man! So bad L

Nah.. pemerintah kita tuh kan punya aturan, khususnya yg di Jakarta Pergub no. 88 tahun 2010, tentang ‘Kawasan Dilarang Merokok’. Ada beberapa tempat atau kawasan yang ‘diharamkan’ untuk merokok seperti tempat umum (terminal, bandara, pusat perbelanjaan), tempat kerja, tempat proses belajar mengajar (sekolah, universitas), tempat pelayanan kesehatan (rumah sakit, rumah bersalin), arena kegiatan anak-anak, tempat ibadah, dan angkutan umum.

So, bagi yang ngebaca tulisan ini, udah tahukan? Dimana aja buat perokok untuk dilarang beredar. Pliss deh om, tante, mbak, mas, bagi perokok.. aku juga berhak bernafas LEGA.

Kemarin, tepatnya tanggal 14 November 2011. Kami melakukan GEMPAR (Gerakan Mahasiswa Peduli Akibat Rokok), bersuara dan beraksi di depan Balai Kota, meminta kebijakan Pak Foke (dan beserta jajarannya lah) atas masih beredarnya perokok ditempat-tempat terlarang. Namun, disayangkan aksi yang kami lakukan tak ada tanggapan berarti.

Namun, sekiranya masyarakat SADAR benar. ROKOK itu mengancam nyawa. Like a Silent Killer!
Kembali ke-perilaku masing2 juga. Tak ada yang melarang untuk MEROKOK. Tapi GARIS BAWAHI untuk tidak merokok di SEMBARANG TEMPAT *ya ya yaaaaa.. plisss deh ya*.
KAMI juga BERHAK UNTUK TIDAK TERANCAM dari ASAP ROKOK.

GErakan Mahasiswa Peduli Akibat Rokok

kelik gambar untuk memperbesar

salam damai ^___^v

Komentar

  1. Divia..kamu kreatif banget...salut, d tunggu tulisan berikutnya...

    BalasHapus
  2. lebih baik jd silent reader blog daripada silent killer yah Div,, hehehe,..

    ohyaa... aku jg nggak suka sm perokok... secara kena asepnya dikit asmaku langsung kumat, Div... hiks..

    oot Div, maafkaaaan udah lama bener blm sempat say thank you udah ditag foto2nya di FB... makasih bgt yah Div... kapan neh qta jalan2 lg hehehe...

    BalasHapus
  3. @cumae: yups hohohoho :)

    @anonim: baik om, no rokok ya hehe :p

    @mbak thia: iya mbak, blogwalking gitu :D.
    wahh... berarti mesti jauh2 dari perokok yah mbak :)
    ohh iya mbak.. sama-sama.. yu yu yu.. kita kopdaran lagi,, hehehe

    BalasHapus
  4. berkunjung sob..sukses selalu yah
    salam kenal :)

    BalasHapus
  5. sebenarnya pemerintah juga sudah berpartisipasi dalam pengurangan jumlah peroko dan pengendalian ancaman kesehatan akibat merokok.

    misalnya kampanye dan sosialisasi serta pemberian tempat khusus bagi perokok agar tidak mengganggu masyarakat lainnya.

    BalasHapus
  6. tugasnya bginian ka? gempar gtu?? seruu yaaa :D jadi pengen #lohh

    BalasHapus
  7. Hey, setuju setuju, saya juga sebel dan benci kalo ada yang ngerokok di tempat umum! *marah*

    Saya bisa bilang begitu karena saya pernah merokok. :(

    BalasHapus
  8. @outbond malang: amin, sukses juga sob :D/

    @pbb: walopun sudah ada tempat untuk ngerokok, tapi masih aja mas, ada perokok yg berkeliaran bebas, meresahkan >.<

    @pity:iyaa pit,, seru kan? :p,,, kuliah lagi dong hehehe

    @bang asop: iyaahh sebel yah bang >.<
    wahh, ssekarang udah gak ngeroko dong bang? :D

    BalasHapus
  9. Aku merasa beruntung div dr kecil gak pernah terlibat dalam lingkungan asap rokok.. sampai sekarang juga seh.. ya mudah2an orang perokok itu sadar deh.. isilah kasarnya ya kalau mau sakit lo tanggung sendiri.. jangan ngajak2 yak :P

    BalasHapus
  10. @niee: wahh beruntungnya kamu niee :D. iyaaaa... kan kalo perokok itu bikin berdampak buruk buat orang disekitarnya. mau nyakitin diri sendiri, jauh2 lhaa dari yg bukan perokok ^_^

    BalasHapus
  11. Div....
    setuju banget...
    tpi klo masih ada yg merokok di sembarang tempat trus di tegor malah marah cara tanggapinnya gmna tuh div...hehehe
    (pengalaman pribadi...hihihi)

    BalasHapus
  12. @anonim: yups =D, kalo bisa negornya saat situasi yg baik dan liat sikon... ehehe... emang mesti sabar sama orang kek gitu yaa ^_^

    BalasHapus

Posting Komentar

thanks a bunch for jejak jejak komennya *\(^_^)/*

Postingan populer dari blog ini

W-I-S-U-D-A-L-H-A-M-D-U-L-I-L-L-A-H

Hampir sebulan sudah saya lulus jadi pengangguran , sejak tanggal 8 Februari 2014 kemarin saya disumpah dan wisssssudahhhhhh. Alhamdulillah saya panjatkan kepada Allah SWT yang maha segala-galanya akhirnya lulus. Dulu semasa ngerjain skripsi kebayang-bayang banget pengen segera lulus dan cari kerja. Dapet uang. Nabung. Bahagia-in orangtua dengan hasil keringat sendiri. Sekaranggggg..... owwwwww ini rasanya dunia benar-benar nyata! Mencari-selalu mencariiiiii. Pekerjaan. Flashback sedikit ketika saya lagi masa-masa ngerjain skripsi ya.

One day trip to Cianjur (Terowongan Lempengan, Situs Megalitikum, Curug Cikondang) #part2

Tempat Kedua- Gn. Padang, Situs Megalitikum Untuk sampai ke Gn. Padang juga gak gampang, mesti lewatin jalanan yang amburadul. Udah gitu, jalannya gak lebar. Jadi mesti hati-hati kalo yang belom mahir nyetir. Sampai di Gn. Padang, kami disambut dengan gerimis hujan. Bukan, bukan karena salah satu teman kami hatinya sedang gerimis (hehehe), jadi semesta alam pun ikutan menangis. Yah, tau sendiri kan? Cuaca akhir-akhir ini mulai membingungkan. Pagi sampe siang panas benderang, sore ujan deres. Naik ke gunung Padang lumayan capek buat pemula macem gue. Walaupun ada tangga dan pegangan. Sepanjang nge-daki, gerimis menemani perjalanan kami. Biar gerimis juga tetep narsis kawan-kawan gue. Haha. Dan tentunya gue udah antipasi bawa payung. Yang gue khawatirin adalah keadaan John, watir dia kehujanan dan sakit L . Berhubung gak punya rain coat , jadilah kantong kresek yang ngebungkus si John, haha. Sampe juga di hampir puncak gunung. Pemandangan yang tersaji berupa bebatuan yang ters

Apalah Arti Sebuah Nama....

Well, kenalin dulu nama saya Divia Putriana. Pasti dong, kita semua punya nama panggilan, baik itu nama kesayangan dari orangtua, dari sahabat, temen, bahkan dari iseng-iseng gak sengaja. Enam tahun belakangan ini gue baru ngeh kalo temen, sahabat, sanak saudara punya panggilan tertentu buat gue. Ada yang manggil putri, kalo putri si itu panggilan rumah (kan karna emang nama gue, ada embel 2 nya putri) tapi gue paling gak suka kalo dipanggil sama temen gue dengan putri ! Aneh ajah gitu, terlalu cewek dan kesannya nama gue terlalu manja *eaaalaaahhh lebaynyaaa -___-“. Sekali lagi bener deh, gue kurang suka kalo dipanggil putri. Cukup keluarga besar gue ajah yang manggil dengan sebutan putri. Okeh Okeh ^__^b