Minggu, 16 Agustus 2015

Divia jadi anak kantoran!

It’s long time no see for blogging. Iyeayyyyy. Gue mau cerita-cerita ah, semenjak setahun lebih lamanya off nulis.

Alhamdulillah, tahun kemarin diisi dengan kegiatan yang ngasilin duit. Alias Kerja. Kerja. Kerja. Gak perlu gue sebutin gue kerja dimana, ini tempat kerjaan untuk orang2 yang berdedikasi tinggi dan etos kerjanya banget banget atau biasa kita kenal dengan sebutan loyalitas tanpa batas. (Serius).

Jadi, Divia mau nulis apa nih? Setelah setahun lebih menghilang dari peredaran perbloggingan? kemana aja div? Travelling? Cari Jodoh (In Sha Allah udah nemu, si Edy tuh. Uhuk. Ahay)?
Yaaaa, jawabannya kerja lhaaa, tu jelas paragraf kedua ngejelasin.


Setelah 2,5 taun kuliah ekstensi, selama itu juga gue off kerja. Paling2 serabutan nyari isi dompet dengan freelance motret, ato gak berharap temen ulang taun (ditraktir!! Makan gratis.hihi).
Kata orang, dunia sebeneranya dunia adalah dunia kerja. Entah itu kerja formal nonformal, punya usaha. Pun ibu rumah tangga juga kerja kan? Gue pernah nyicipin kerja selama setaun, selepas lulus D3 (2010-2011). Itu juga kerjanya enakeun, diklinik, asisten bidan. ya, background gue kan bidan. Sekarang udah naik backgroundnya, Sarjana KesMas. Hehe. Alhamdulillah.

Bulan April 2014 kemarin, gue dapet panggilan kerja. Alhamdulillah prosesnya lancar, gak pake ngeden sampe sepuluh kali, gak dingggg... hahaha.. prosesnya lancar adalah maksud perekrutmetannya, yaa walopun cuman kontrak aja 3 bulan. Sebagai fresh from the oven graduate gue terima2 aja. Sikaaaattttttt. Alhamdulillah gak minta uang jajan lagi, setidaknya.

Kerjanya bagiaan apa div?
Masih ada hubungannya dengan penyakit, obat, tindakan medis, yah yang berbau2 medis. Masih nyambung ama background. Sebagai newbi didunia pekerjaan kantoran, gue sangat excited. Hahaha. Meja, komputer, kertas, deadline. This is my job, i love it. Kenapa??? Karna gue si Divia yang punya passion dibelakang meja, bukan dibelakang kasur (alias nolong partus). Karna setelah gue coba untuk kerja selama setaun buat dibelakang layar kasur, gue gak dapet feel, gue gerogian, In Sha Allah kalo teori kebidanan bisa. Hmmmmm, terjung langsung ke prakek, duhhh makk... grogi, dua nyawa. Selalu BIG SALUTE sama temen2 D3, yang udah punya klinik atau kerja sebagai bidan. Kalian luar biasa, dan berjasa.
Oleh karna itu....nerusin kuliah deh. hehehe.

Kembali kecerita kerja. Kerja gue kerja kantoran. Berangkat pagi pulang sore (17.00 WIB). Kerjaan gak kelar (alias banyak banget), ya lembur. Lemburnya bisa molor waktu sampe jam 11 malem, atau gak sabtu minggu masuk. Salut sama temen kerja yang terlebih dahulu, dengan segala rutinitas yang kayak gitu hingga sekarang (denger dari pegawainya langsung).
Temen-temen kerja asyik, mau ngajarin gue yang baru. senioritas NIHIL. Sampe sekarang masih suka kontek2an (sekarang udah keluar dari kerjaan ini). Kalo gue gak ngerti gue diajarin, pun sebaliknya. Kerjaan gue nuntut evidence based, perlu update info gak bole gatek. Pokoknya seru, mainan aplikasi. Hahaha. Apalagi kalo server lagi down, suka bikin kesel dan ngehambat kerjaan. Tapi itu seninya, seni kesabaran ^_^.

Oia, kerjaan gue juga gak hanya interaksi dengan benda mati (komputer, meja, pulpen, berkas). Juga berhadapan dengan klien. Ini nih, yang perlu mengeluarkan isi hati segala macam gundah gulana kerisauan. Cailah. Perlu memahami dan kebutuhan orang dengan berbagai sikap dan persepsi, memerlukan usaha, kesabaran, ketelatenan, dan ngurut dada. Tau dong, rasanya kalo dimaki2 klien, padahal rasanya kita kerja udah bener (udah sesuai dengan SOP, kira2 begitulah). Tapi si klien, gak ngerti. Gak memahami. Dituntut untuk segera dilayani, layanan terbaik blablabla (sesuai dengan kebutuhan Winslow pokoknya, jiaaaaa kepake juga nih ilmu KesMas gue. Hahaha).
Gue udah biasa dimaki-maki klien. Awal2 gelagapan, tangan dingin, seram menakutkan. Pake ilmu Bisa karna terbiasa. Akhirnya gue terbiasa karna bisa (bisa kapan aja dimaki-maki klien, alias kebal). Walopun diomelin, tetap menyunggikan bibir, tersimpul senyum manis J. Walo hati sebenernya, paitttttt duh paitttt. Hahahaha. Kalo gue inget2, keren juga ya gue. Bisa nanganin klien yang segala macem.
Kerjaan dan materi kuliah yang gue pelajarin selama 2,5 taun rada-rada nyambung. Interaksi dengan kesehatan global, manajemen, kebijakan, kesehatan reproduksi. Semua ada. Kalo dipikir-pikir, sayang juga waktu belajar kesehatan global dan MKK suka bolos.
Sebulan gue kerja, rasanya seneng banget. Bisa megang duit sendiri (lagi). Sampe ke-yang-delapan-bulan rasanya sayanggggggg banget (alias gue sayang-sayangin tu duit biar gak cepet habis). Karena kontrak gue selesai. Hehe. Dari yang kontrak 3 bulan, jadi diperpanjang 5 bulan lagi.
Div, div???? Lo kerja di mana si?
Oia, belon nyebutin gue kerja di mana. Kerja di BPJS Kesehatan Cabang Tangerang, bagian verifikasi klaim (sempet 2 bulan bagian administrasi klaim). Familiar dong, BPJS Kesehatan yang sedang hangat-hangatnnya, kayak bakpao rasa kacang ijo yang dijual di puncak. Bak paoooo... Bak paoooo. Halah. Ngaco.

Gue BIG SALUTE, angkat 4 jempol. Buat temen-temen di BPJS Kesehatan. Plisssss, yang komplain banyak tentang BPJS skip bentar dulu deh. Dulu ASKES jadi BPJS Kesehatan, dengan perubahan sistem yang ada dan udah berjalan hampir dua tahun, didukung dengan tenaga ekstra. Tau dong, ngerubah sistem rasanya serumit apa? Perlu adaptasi cepat untuk melayani. Banyak berita sampe sekarang tentang BPJS Kesehatan yang blablabla. Hehehe. Sok atu, googling aja. Temen-temen kerja gue, super banget. Sampe-sampe gue ikutan super juga. Super lama pulangnya, super sabar ngadepin segala perubahan dan peraturan kerjaan, super adapatasi yang cepat terhadap perubahan, dan sampe sekarang gue super kangen sama temen-temen kerjaan.
Sekelumit kerja di BPJS Kesehatan yang gak enaknya, itu baru gue utarain dikit, kalo mau tau banyak. Contact me. Haha.

Di dunia itu selalu ada 2 pilihan. Mati/ hidup. Dateng/ pergi. Jomblo/gak jomblo. Kaya/ miskin. Rajin/ malas. Dan Enak/gak enak. Nah, kerjaan gue juga banyak enaknya (gak enaknya juga ada). Enak, gue gak pernah dibedain kalo gue orang baru. enak, gue bisa nebeng makan gratis kalo ada rapat (secara gue anak kosan, waktu kerja. Haha). Enak, banyak ilmu yang didapet. Enak, mata gue seger... temen kerjaan sepantaran semua. Hahaha. Dan tentunya, enak karna gue kerja bisa dibelakang meja walaupun perlu menghadapi klien (peserta BPJS Kes).

Dan sampai pada akhirnya November kemarin gue keluar dari BPJS, sedih cyin rasanya. Gimana enggak, udah saling kenal sama temen2, atasan, Pak Mul yang suka nyiapin minum dan selalu manggil gue “uni”. Ada datang dan pergi. Gue pernah datang, dan harus pergi. Iya pergi keluar, walaupun keluar. Alhamdulillah, masih suka komunikasi sama temen2 lama.

Hallo,, hallo buat temen2 kerja gue yang dulu, aku kangen kalian. Kangen dalam situasi apapun. Keep stay and strong buat kalian ^_^.


Nongkrong bareng, pas bu bos (ketiga dari kanan) dan andin (keenam dari kanan) ulang tahun ^_^

Employee gathering sehari setelah gue ulang tahun, 6 sept!

the best team, temen seperjuangan di depan Loket dan belakang layar ^_^


0 komentar:

Posting Komentar

thanks a bunch for jejak jejak komennya *\(^_^)/*